Hal yang perlu diperhatikan dalam panahan supaya tidak cidera

Bermain panahan atau lebih tepatnya sebenarnya adalah olahraga, karena pada dasarnya adalah melatih fisik dan mental serta melatih kemampuan diri untuk menjadi orang yang lebih kuat secara fisik dan mental, selain menyenangkan adalah juga menyehatkan. Jika tidak di dasari dengan pengetahuan yang cukup oleh seorang mentor atau pembimbing maka bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

cidera panahanHampir semua olahraga memang ada resikonya, namun panahan memiliki tingkat resiko lebih banyak. Walaupun menggunakan alat yang sederhana atau alat panahan murah sekalipun, dan menggunakan anak panah yang bukan untuk anak panah berburu, tetap saja berbahaya. Banyak terjadi hal mengerikan di luaran sana karena kelalaian atau kekurang hati-hatian dalam olahraga panahan ini.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam panahan supaya tidak cidera atau bahaya.

1. Pilih tempat latihan yang aman.
Memilih tempat latihan adalah hal pertama yang harus anda perhatikan, pastikan posisi tembakan adalah tempat atau target yang tidak ada orang sekitar melintas. Namun sebaiknya bukan tembok keras karena bisa merusak anak panah anda. Biasanya bagi anda yang baru pertama kali latihan, anak panah akan sering meleset dari target dan mengenai bagian belakang seperti tembok dan lainnya.
Latihan di lapangan terbuka lebih disarankan, karena dapat dengan jelas bahwa ketika anda menembak tidak ada orang yang melintas. Intinya adalah tempat itu aman dan tidak berbahaya dengan meleset dan menembak orang sekitar.

2. Pemanasan dan peregangan
Hal mendasar lainnya adalah olahraga ringan berupa pemanasan dan peregangan, cidera otot ketika olahraga sering sekali terjadi, bisa saja terjadi untuk anda yang belajar panahan. Untuk yang ototnya belum siap dan menarik beban tarikan, maka bisa menyebabkan otot terluka.
Setelah pemanasan tubuh secara keseluruhan, bisa juga di tambah pemanasan dengan cara menarik string seperti mau menembak secara perlahan, berulangkali sampai anda merasa sudah cukup panas. Namun ingat jangan dry-fire. Untuk membantu latihan ini anda bisa menggunakan alat yang bernama bow trainer tool.

3. Hindari Dryfire. Menembak busur tanpa ada anak panah.
Kembali kami ingatkan jangan DRY-FIRE !. Bagi pemula ketika memegang panahan pertama kali dan belum ada petunjuk, dia terlalu senang dan mencoba menarik busur tersebut lalu kemudian melepaskan tali tersebut tanpa ada anak panah. JEPRETT !!, mengenai tangan dan bisa menyebabkan busur rusak.

Perhatikan video berikut :

4. Jangan menembak anak panah lurus keatas.
Bayangkan saja, anak panah ditembakkan keatas dan jatuh mengenai kepala anda, itu akan membuat ayam di sekitar anda tertawa keras.
Hal itu sangat berbahaya dan tidak lucu bagi manusia.

5. Cek kualitas anak panah
Hal ini terlihat lebih mengerikan dari sebelumnya, terkhusus untuk busur yang memiliki kekuatan besar, dan anak panah yang terbuat dari fiber atau carbon. Pastikan di cek apakah anak panah tersebut masih layak pakai dan tidak ada kerusakan. Kerusakan yang dimaksud adalah apabila anak panah tersebut mengalami keretakan, meskipun sangat kecil retaknya, tetap saja sebaiknya di hindari.
Hal tersebut dikarenakan anak panah yang retak meskipun sedikit jika dipadukan dengan busur yang agak kuat, maka anak panah tersebut bisa pecah dan mengenai pengguna, bisa kena tangan atau bahkan muka pemanah itu sendiri.
Cara mudah mengecek apakah anak panah tersebut baik atau tidak adalah dengan meraba menggunakan tangan anda dari ujung ke ujung, dan juga melentur lenturkan anak panah dan dengarkan apakah ada bunyi retakan atau masih bagus.

Perhatikan kejadian mengerikan di bawah :

6. Untuk anda pengguna busur compound, jangan putar busur anda ketika menembak.
Ketika anda memutar busur saat sedang melepaskan bidikan, maka tali string bisa lepas dari tempat string (cams). Akibatnya string lepas dan melukai tangan pengguna serta bisa dimungkinkan akan sedikit merusak busur tersebut.
Saran, ketika menggunakan busur compound, sebaiknya pegang busur dengan tegap lurus dan jangan putar sampai anak panah di lepaskan.

Perhatikan video di bawah :

 

Ini adalah beberapa hal yang bisa kami tuliskan sekarang, jika ada hal penting lain yang kami temukan, kami akan mengupdate artikel ini sebagai bahan belajar bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.